Jumat, 01 Februari 2013

makalah akuntansi IFRS



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
International Accounting Standards yang lebih dikenal sebagai International Financial Reporting Standard (IFRS), merupakan standar tunggal pelaporan akuntansi yang memberikan tekanan pada penilaian (revaluation) profesional dengan disclosures yang jelas dan transparan mengenai substansi ekonomis transaksi, penjelasan hingga mencapai kesimpulan tertentu. Standar ini muncul akibat tuntutan globalisasi yang mengharuskan para pelaku bisnis di suatu negara ikut serta dalam bisnis lintas negara. Untuk itu diperlukan suatu standar internasional yang berlaku sama di semua negara untuk mempermudah proses rekonsiliasi bisnis. Perbedaan utama standar internasional ini dengan standar yang berlaku di Indonesia terletak pada penerapan revaluation model, yaitu kemungkinan penilaian aktiva menggunakan nilai wajar, sehingga laporan keuangan di sajikan dengan basis ‘true and fair’.
IFRS merupakan standar tunggal pelaporan akuntansi berkualitas tinggi dan kerangka akuntansi berbasiskan prinsip yang meliputi penilaian profesional yang kuat dengan disclosures yang jelas dan transparan mengenai substansi ekonomis transaksi, penjelasan hingga mencapai kesimpulan tertentu, dan akuntansi terkait transaksi tersebut. Dengan demikian, pengguna laporan keuangan dapat dengan mudah membandingkan informasi keuangan entitas antarnegara di berbagai belahan dunia.
Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) adalah Standar berbasis prinsip, Interpretasi dan Kerangka (1989) diadopsi oleh Dewan Standar Akuntansi Internasional (IASB). Banyak standar membentuk bagian dari IFRS dikenal dengan nama lama dari Standar Akuntansi Internasional (IAS). IAS yang diterbitkan antara tahun 1973 dan 2001 oleh Dewan Standar Akuntansi Internasional Committee (IASC). Pada tanggal 1 April 2001, IASB baru mengambil alih dari IASC tanggung jawab untuk menetapkan Standar Akuntansi Internasional. Selama pertemuan pertama Dewan baru diadopsi IAS dan SICs. IASB terus mengembangkan standar memanggil standar IFRS baru.
International  Accounting Standard/International  Financial  Reporting Standard  dikeluarkan  oleh  International Accounting  Standard  Board  atau  Badan  Standar Akuntansi  Internasional.  Mengingat  tujuan penyusunan standar akuntansi tersebut untuk dapat dipergunakan sebanyak  mungking  negara di dunia maka  dalam  penyusunan  standar  akuntansi  tertentu saja  Badan  Standar  Akuntansi  Internasionalmempertimbangkan kondisi sebagian besar negara sehingga  sesuai  dengan  kebutuhan  mereka.  Bila kita  bandingkan  dengan  standar  akuntansi Amerika  maka  dari  segi  jumlah  standar  yang dikeluarkan  Badan  Standar  Akuntansi Internasional  jauh  lebih  sedikit  karena  memang mereka  tidak  mengacu  pada  perkembangan  bisnis dan  kebutuhan  akuntansi  di  Amerika  saja melainkan  pada  sebagian  besar  negara  sehingga standar  akuntansi  yang  mereka  keluarkan  dapat diadopsi baik sebagian maupun sepenuhnya. Ketiga  standar  akuntansi  tersebut  baik  yang berlaku di Indonesia, Amerika Serikat, dan standar Internasional,  maka  secara  kuantitas  jelas  tampak perbedaan  yang  nyata.  Bila  melihat  dari  segi jumlah  standar  maka  standar  akuntansi  di Indonesia  bila  dibandingkan  dengan  Amerika Serikat  hanya  kurang  lebih  sepertiganya  saja sementara  bila  dibandingkan  dengan  standar akuntansi  internasional  standar  akuntansi  di Indonesia  lebih  banyak. Perbedaan  jumlah  standar akuntansi di  Amerika  yang  jauh  lebih  banyak dari Indonesia  dapat  dijelaskan  bahwa  tingkat perkembangan  ekonomi  Amerika  jauh  lebih  maju bila  dibandingkan  dengan  Indonesia  sehingga  di Amerika  telah  berkembang  berbagai  jenis instrumen  yang  dapat  dikategorikan  ke  dalam rekening  harta,  kewajiban,  maupun  ekuitas.
Sementara bila di Indonesia ada  standar akuntansi yang sudah berlaku di Amerika tetapi belum ada di Indonesia  menunjukkan  bahwa  untuk  Indonesia hal  tersebut  masih  dipandang  belum  mendesak atau penting mengingat frekuensi terjadinya masih rendah atau bahkan belum timbul sama sekali. Sementara  standar  akuntansi  internasional yang  lebih  sedikit  bila  dibandingkan  dengan Amerika bahkan Indonesia dapat dijelaskan bahwa standar akuntansi  internasional  berusaha sebanyak mungkin  dapat  mengadopsi  berbagai  keragaman standar  akuntansi  di  berbagai  negara  di  dunia. Standar  akuntansi  internasional  tersebut diharapkan banyak negara yang dapat  mengadopsi atau  menggunakan  standar  yang  ada  untuk diberlakukan  di  negara  masing-masing.  Semakin  banyaknya  negara  yang  menggunakan  standar akuntansi  internasional  berarti  telah  terjadi penyeragaman  standar  akuntansi  meskipun  belum sepenuhnya,  mengingat  seperti  di  Amerika  berarti masih  ada  standar  akuntansi  lainnya  yang  belum tercakup dalam standar akuntansi internasional.

1.2       Identifikasi Masalah
1.      Apa itu IFRS ?
2.      Siapa yang mengadopsi IFRS ?
3.      Apakah tantangan dan solusi terhadap penerapan IFRS di Indonesia?

1.3       Pembatasan Masalah
Dalam penulisan makalah ini penulis hanya akan membahas mengenai IFRS pada Laporan Laba Rugi dan Laporan Arus Kas (Cash Flow).

1.4       Rumusan Masalah
1)             Pengertian IFRS
2)             IFRS pada laporan laba rugi
3)             IFRS pada laporan arus kas (cash flow)

1.5     Guna/ Manfaat
Kegunaan dari pembahasan ini adalah merupakan wahana latihan pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan karya tulis ilmiah.Dengan adanya pembahasan ini tentunya akan semakin memperkaya ilmu pengetahuan kami, khususnya dalam mengetahui tentang IFRS.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1                   Sejarah singkat IFRS
                                    International Financial Reporting Standards (IFRS) adalah standar, interpretasi, dan kerangka yang diadopsi oleh badan penyusun standar akuntansi internasional yang dikenal dengan International Accounting Standards Board (IASB).
Beberapa standar yang membentuk IFRS dulunya dikenal dengan nama International Accounting Standards (IAS). IAS diterbitkan oleh suatu badan yang dikenal dengan International Accounting Standards Committee (IASC) pada kurun waktu antara tahun 1973-2001. Hingga Maret 2002, IASC telah menerbitkan 41 IAS dan 34 SIC (Standing Interpretations Committee) Interpretations. Beberapa di antaranya telah diubah atau diganti oleh IASB. Standar yang masih tersisa dipandang sebagai payung bagi IFRS.
IFRS merupakan standar akuntansi internasional yang diterbitkan oleh International Accounting Standard  Board (IASB). Standar akuntansi ini disusun oleh empat organisasi utama dunia yaitu Badan Standar Akuntansi Internasional (IASB), Komisi Masyarakat Eropa (EC), Organisasi Internasional Pasar Modal (IOSOC), dan Federasi Akuntansi Internasional (IFAC).

Natawidyana (2008) menyatakan bahwa sebagian besar standar yang menjadi bagian dari IFRS sebelumnya merupakan International Accounting Standard (IAS) kemudian IASB mengadopsi seluruh IAS dan melanjutkan pengembangan standar yang dilakukan.
Secara keseluruhan IFRS mencakup:
a.       International Financial Reporting Standard (IFRS).Standar yang diterbitkan setelah tahun 2001.
b.      International Accounting Standard (IAS). Standar yang diterbitkan sebelum tahun 2001.
c.       Interpretations yang diterbitkan oleh International Financial Reporting Interpretations Committee (IFRIC) setelah tahun 2001.
d.      Interpretations yang diterbitkan oleh Standing Interpretations Committee (SIC) sebelum tahun 2001.

Sepanjang tahun 1999-2000, IASC melakukan restrukturisasi (dengan mengubah konstitusi, strategi, struktur dan nama). IASC berkeinginan untuk menjadi badan akuntansi yang lebih independen dan profesional. Pada Maret 2001, IASC Trustees mengaktifkan Part B dari IASC Constitution yang baru dan menetapkan non-profit Delaware corporation yang diberi nama International Accounting Standards Committee Foundation untuk mengawasi IASB. Pada April 2001, IASB yang baru mengambil alih tanggung jawab IASC dalam menetapkan International Accounting Standards.
IASB berkeinginan untuk membentuk satu standar pelaporan keuangan global yang berkualitas. Selama pertemuan pertamanya, badan yang baru tersebut mengadopsi IAS dan SIC (Standing Interpretation Committee) yang ada. IASB terus mengembangkan standar yang disebut dengan International Financial Reporting Standards (IFRS). Jadi IFRS adalah termasuk standar dan interpretasi yang disetujui oleh IASB serta IAS dan SIC Interpretations yang diterbitkan berdasarkan konstitusi sebelumnya.

IFRS terdiri dari:
v  International Financial Reporting Standards (IFRS) – standard yang diterbitkan setelah 2001
v  International Accounting Standards (IAS) – standard yang diterbitkan sebelum 2001
v  Interpretasi yang berasal dari the International Financial Reporting Interpretations Committee (IFRIC) – diterbitkan setelah 2001
v  Standing Interpretations Committee (SIC) – diterbitkan sebelum 2001
Prinsip-prinsip yang mendasari IFRS dijelaskan dalam Framework for the Preparation and Presentation of Financial Statements (Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan). IFRS merupakan kesepakatan global standar akuntansi yang didukung lebih dari 100 negara dan badan-badan internasional di dunia. Globalisasi aktivitas ekonomi mengharuskan informasi keuangan berkualitas tinggi dan dapat diperbandingkan secara internasional.
2.2       IFRS pada Laporan Laba-Rugi (income statement)
Laporan laba-rugi adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan apakah suatu perusahaan mengalami laba atau rugi dalam satu periode akuntansi. 
Pelaporan dalam laporan laba-rugi
1.         Gross Profit
v  Dihitung dengan mengurangi beban pokok penjualan dari hasil penjualan bersih.
v   Pengungkapan pendapatan penjualan bersih sangat berguna.
v  Pendapatan insidentil diungkapkan dalam pendapatan dan beban lainnya.
v  Analis dapat lebih mudah memahami dan menilai kecenderungan dalam  pendapatan dari operasi yang dalanjutkan.

2.    Income from operation
Ditentukan dengan mengurangkan beban penjualan dan administrasi serta pendapatan dan beban lainnya dari laba kotor.  
*      Digunakan untuk memprediksi jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas masa depan.  

3.         Gain and losses
§  Kerugian write-down persediaan menjadi net realizable value atau Property, plant and equipment menjadi recoverable amount, serta pembalikan lainny.  
§  Kerugian restrukturisasi kegiatan dan biaya restrukturisasi.  
§  Keuntungan atau kerugian pelepasan property,plant and equipment.  
§  litigasi permukiman.  
4.         Income before income tax  
Dihitung dengan mengurang interest expense terhadap income from operation.  
5. Net income
v  Merupakan pendapatan setelah semua pendapatan dan beban untuk periode tersebut yang diperhitungkan. 
v  Dilihat oleh banyak orang sebagai ukuran yang paling penting dari keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan untukjangka waktu tertentu.

6. Allocation to non controlling interest
Ø  IFRS mensyaratkan bahwa laba bersih anak perusahaan dialokasikan untuk controlling/non controlling interest.
Ø  Alokasi ini dilaporkan di bagian bawah laporan Iaba rugi setelah laba bersih.

7. Earnings per share
(Net income - Preference dividends) dibagi Weighted average of ordinary shares outstanding
·         Indikator penting bisnis.
·         Mengukur dolar yang diterima oleh setiap saham biasa.  
·         Harus diungkapkan pada laporan Iaba rugi.

8. Discontinued operation
o   Keuntungan atau kerugian dari penjualan sebuah komponen dari bisnis.  
o   Hasil usaha komponen yang telah atau akan dibuang secara terpisah dari operasi yang dilanjutkan.  
o   Efek dari operasi dihentikan setelah dikurangi pajak, sebagai kategori terpisah setelah operasi yang dilanjutkan.  
o   Sebuah perusahaan yang melaporkan discontinued operation harus melaporkan operasi nilai per saham untuk setiap item discontinued operation baik dilaporan laba rugi atau dalam catatan atas laporan keuangan.  

9. Extraordinag items
Dalam IFRS tidak diperbolehkan memasukkan extraordinary item dalam Iaporan keuangan.

10. lntraperiod tax allocation
Berkaitan beban pajak penghasilan dengan item tertentu yang menimbulkan sejumlah beban pajak.
Pada Iaporan laba_rugi, pajak penghasilan dialokasikan untuk:
(1) income from continuing operations before tax
(2) Discontinued operations







Contoh Income Statement Menurut IFRS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEdU0TsVXvZYnvBs_kTpXQIldnoShPdwdvkdohEJBL5GEM-QoUx2mVmt1G87FxfThdOm1-eCj8MfuK01v_wHQlZk2LQUW1Aro9zK5Nr3EGXxBwK_puh3MGLh_m83Iws_jMPA-ztZUobmQ/s400/Laporan+laba-rugi+(income+statement).jpg
Sumber: Modul Siap UKS PSAK STAN 2011

2.3       IFRS pada Laporan arus kas (Cash Flow)
                                    Laporan arus kas (Inggris: cash flow statement atau statement of cash flows) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan.
Laporan arus kas mengklasifikasikan penerimaan kas berdasarkan kegiatan operasi, investasi, dan pembiayaan. Karakteristik transaksi dan peristiwa lainnya dari setiap jenis kegiatan adalah :
1.                   Kegiatan operasi melibatkan pengaruh kas dari transaksi yang dilibatkan dalam penentuan laba bersih, seperti penerimaan kas dari penjualan barang dan jasa, serta pembayaran kas kepada pemasok dan karyawan untuk memperoleh persediaan serta membayar beban.
2.                   Kegiatan investasi umumnya melibatkan aktiva jangka panjang dan mencangkup (a) pemberian serta penagihan pinjaman, dan (b) perolehan serta pelepasan investasi dan aktiva produktif jangka panjang.
3.                   Kegiatan pembiayaan melibatkan pos-pos kewajiban dan ekuitas pemegang saham serta mencangkup (a) perolehan kas dari kreditor dan pembayaran kembali pinjaman, serta (b) perolehan modal dari pemilik dan pemberian tingkat pengembalian atas, dan pengembalian dari investasinya.
Berdasarkan IFRS (IAS 7), arus kas operasi meliputi:
• Penerimaan dari penjualan barang atau jasa
• Penerimaan untuk penjualan kredit, instrumen hutang atau ekuitas dalam portofolio perdagangan
• Penerimaan bunga atas pinjaman
• Dividen yang diterima pada efek ekuitas
• Pembayaran kepada pemasok barang dan jasa
• Pembayaran kepada karyawan atau atas nama karyawan
• Pembayaran bunga (alternatif, ini dapat dilaporkan dalam rangka pembiayaan kegiatan dalam IAS 7, dan US GAAP)
Item yang ditambahkan kembali ke [atau dikurangkan dari, yang sesuai] angka laba bersih (yang ditemukan pada Laporan Laba Rugi) untuk sampai pada arus kas dari operasi umumnya mencakup:
• Penyusutan (kehilangan nilai aset berwujud dari waktu ke waktu)
• pajak tangguhan
• Amortisasi (kehilangan nilai aktiva tidak berwujud sepanjang waktu)
• Keuntungan atau kerugian yang terkait dengan penjualan aset tidak lancar,
karena arus kas terkait tidak termasuk dalam bagian operasi. (Keuntungan / kerugian yang juga ditambahkan kembali dari laporan laba rugi) .
kegiatan Investasi. Contoh kegiatan Investasi yang
• Pembelian atau Penjualan aset (aktiva tersebut tanah, bangunan, peralatan, surat berharga, dll)
• Pinjaman dengan pemasok atau diterima dari pelanggan
• Pembayaran yang berkaitan dengan merger dan akuisisi
Aktivitas pendanaan pembiayaan kegiatan meliputi arus masuk kas dari investor seperti bank dan pemegang saham, serta arus keluar kas kepada pemegang saham sebagai dividen karena perusahaan menghasilkan pendapatan. Kegiatan lainnya yang berdampak pada kewajiban jangka panjang dan ekuitas perusahaan juga tercantum dalam bagian pembiayaan kegiatan laporan arus kas.
Berdasarkan IAS 7
• Penerimaan dari penerbitan hutang jangka pendek atau jangka panjang
• Pembayaran dividen
• Pembayaran untuk pembelian kembali saham perusahaan
• Pembayaran pokok utang, termasuk sewa guna usaha
• Untuk organisasi non-profit, penerimaan kas donor-terbatas yang terbatas untuk tujuan jangka panjang
.
Produk di bawah bagian pendanaan meliputi:
• Pembayaran dividen
• Penjualan atau pembelian kembali saham perusahaan
• Bersih pinjaman
• Pembayaran pajak dividen
Pengungkapan kegiatan non-kas
Berdasarkan IAS 7, investasi dan pendanaan non-kas diungkapkan dalam catatan kaki atas laporan keuangan. Berdasarkan US Prinsip Akuntansi Berlaku Umum (GAAP), kegiatan non-kas dapat diungkapkan dalam catatan kaki atau di dalam laporan arus kas itu sendiri. aktivitas pendanaan yang tidak mempengaruhi kas dapat meliputi
:
• Leasing untuk membeli aset
• Konversi hutang terhadap ekuitas
• Pertukaran aktiva non-kas atau kewajiban untuk aset non-kas lain atau kewajiban
• Mengeluarkan saham dalam pertukaran untuk aset

Contoh laporan arus kas.
PT. SURYA MANDIRI, Tbk
LAPORAN ARUS KAS
UNTUK TAHUN YANG BERAKHIR 31 DESEMBER 2009
(Dalam Rupiah)

Arus kas yang berasal dari kegiatan operasi :
Laba bersih menurut laporan laba rugi                                                               90.500,-
Ditambah :
Biaya depresiasi                                                                      18.000,-
Penurunan persediaan kantor                                                     8.000,-
Kenaikan hutang jangka pendek                                             16.800,-
Kenaikan hutang biaya                                                              1.200,-
 44.000,-
Dikurangi :
Kenaikan biaya dibayar dimuka                            1.000,-
Kenaikan piutang usaha                                         9.000,-
Penurunan hutang pajak                                          1.500,-
Laba penjualan aktiva tetap                                   30.000,-
41.500,-
Aliran kas bersih dari kegiatan operasi                                                               93.000,-
Aliran kas yang berasal dari kegiatan investasi :
Kas masuk yang berasal dari penjualan investasi                             75.000,-
Kas keluar untuk membeli peralatan                                                 (157.000,-)
Aliran kas keluar bersih untuk kegiatan investasi                             (82.000,-)

Aliran kas dari kegiatan keuangan :
Kas yang diterima dari penjualan saham                                             160.000,-
Dikurangi :
Kas untuk membayar dividen                         23.000,-
Kas untuk membayar hutang obligasi           125.000,
                                                  148.000,-
Aliran kas masuk neto dari kegiatan keuangan                                                                                                  12.000,-
Kenaikan kas                                     23.000,-
Saldo kas pada awal tahun                26.000,-
Saldo kas pada akhir tahun               49.000,-

3 komentar:

  1. kak IFRS tentang persediaan ada infonya kah?

    BalasHapus
  2. Watch the best football matches with real football.
    If you worrione are looking for งานออนไลน์ the best football youtube mp3 matches and the most competitive leagues around, we have the best free football videos available for you to watch. Find out

    BalasHapus